UPT TIK merekomendasikan printer laser sebagai standar printer. Berdasarkan pengalaman kami bahwa printer laser lebih hemat biaya daripada printer inkjet dalam jangka panjang. Meskipun pembelian printer laser umumnya lebih mahal daripada printer inkjet, tetapi biaya cetak per halaman lebih tinggi untuk printer inkjet. Printer laser juga cenderung memiliki kemampuan network yang baik, sedangkan untuk printer inkjet jarang yang memiliki kemampuan network.

UPT TIK merekomendasikan untuk bekerja sama dengan staf TIK untuk mendapatkan rekomendasi khusus.

Printer Pribadi

Banyak vendor menyertakan printer inkjet gratis atau sangat murah dengan pembelian komputer baru. Namun, printer jaringan lebih disukai karena dapat menghemat biaya dan memungkinkan opsi dukungan yang lebih baik. Selain itu, pertimbangkan :

  • Printer yang murah. Jika printer rusak, mungkin lebih murah untuk diganti daripada diperbaiki.
  • Pilih printer yang memiliki dua kartrid – hitam dan berwarna. Serta pastikan aplikasi mengetahui untuk mencetak dokumen teks dnegan tinta hitam. Hal ini tidak biasa bagi printer untuk “menjadikan” tinta hitam untuk mencetak dokumen teks dengan tinta berwarna baru, hijau, dan merah sesuai dengan permintaan jika hanya menggunakan kartrid tinta hitam.
  • UPT TIK tidak berperan untuk pengadaan printer pribadi. Konsultan kami mungkin hanya bisa memberikan beberapa saran dasar untuk pembelian printer, tetapi kami tidak bisa dalam hal pengadaan.